A War Inside Your Mind...

By. Rio Permana


Ekstrim banget judulnya yah..... hehehehe....  Sebenernya nggak seekstrim itu sih yang mau saya ceritain.

Ini cerita tentang pengalaman pribadi, tentang perang batin n' nafsu yang ada dalam pikiran dan batin saya sehubungan dengan kegiatan fotografi.

A war inside your mind... adalah godaan dalam pikiran dan batin saya ketika berpikir bahwa fotografi adalah karya-karya yang dihasilkan dengan menggunakan peralatan fotografi yang mahal dan mewah (mengingat harga-harga peralatan fotografi yang relatif mahal untuk ukuran kantong saya....)

Perang batin yang muncul ketika membaca review update dari peralatan-peralatan fotografi baru yang dirilis di website-website fotografi dengan aneka tambahan fitur baru yang semakin lengkap dan canggih.

Perang batin yang muncul ketika muncul ketidakpercayaan pada diri sendiri ketika hunting bersama teman-teman yang memegang peralatan-peralatan mahal tersebut diatas.

Perang batin saat memilih untuk terus berkreasi dengan peralatan yang ada (sangat minim update) atau segera gantung kamera sebelum kekesalan di ubun-ubun semakin memuncak.

Perang batin yang muncul saat mood hari demi hari semakin menipis, entah karena pengaruh dari hal-hal tersebut diatas atau hanya karena rasa bosan yang mulai menghinggapi, atau minimnya waktu untuk mengexplore obyek-obyek foto baru....  Entahlah.... tetapi perang batin itu akhirnya berujung pada stagnansi kreasi....  

Padahal Mas Madia (instruktur fotografi saya) pernah bilang.... photography is not just about the tool that you have but more about every moments that you can capture with your soul....

Pelan tapi pasti....  saya mengistirahatkan dulu otak saya yang keram karena berbagai perang batin yang akhirnya mengkristal dalam otak saya.

Pelan tapi pasti...., lambat laun saya mulai mendapat pencerahan.... bahwa benar kata Mas Madia.... bukan peralatan yang menjamin seseorang untuk bisa menghasilkan foto bagus, tetapi lebih kepada pribadi yang berada dibalik peralatan tersebut, soul, creativity, imagination...   Jepret.... sebuah karya fotografi akan lahir....

Now... Let's take a picture again....

Semangat Bro...  Piss....

No comments:

Post a Comment